Menu

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

By Admin | kesehatan

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya ~ Setiap orang pasti pingin punya wajah halus dan bersih dari jerawat khususnya bagi orang yang mukanya jerawatan. Sebab biasanya setelah jerawatnya hilang akan timbul masalah baru yaitu bekas jerawat berupa flek hitam di wajah. Tentu ini akan membuat wajah kurang sedap di pandang dan bisa menyebabkan minder atau kurang percaya diri.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. lalu apa saja penyebab timbulnya jerawat? simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Penyebab Timbulnya Jerawat

Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit seperti masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.

Terlalu banyak konsumsi makanan manis dan olahan
Hingga saat ini belum diketahui pasti makanan apa saja yang bisa menyebabkan jerawat. Namun, disarankan untuk membatasi konsumsi makanan manis dan olahan, seperti biskuit, keik, roti putih dan pasta, serta keripik kentang. Makanan dari produk susu juga sebaiknya dibatasi, karena diduga juga berpengaruh terhadap munculnya jerawat.

Terlalu sering mencuci muka
Wajah yang kotor sering kali dianggap sebagai penyebab jerawat. Namun, mencuci muka terlalu sering juga tidak baik, karena dapat membuat wajah kehilangan minyak alami kulit dan mendorong kulit memproduksi minyak lebih banyak lagi. Efeknya, jerawat akan kembali muncul. Nah, agar masalah ini tidak kamu alami, disarankan untuk mencuci muka sehari dua kali. Saat mencuci muka, kamu bisa menggunakan air hangat atau air bersih, dan sabun pembersih wajah dengan formulasi yang ringan. Oleskan pembersih wajah menggunakan ujung jari dan pijat secara lembut. Hindari menggunakan kain waslap untuk menyeka wajah, karena berisiko menyebabkan iritasi kulit.

Produk rambut yang menetes pada wajah
Jauhkan minyak rambut, gel dan berbagai produk rambut dari dahi atau bagian wajah lainnya, karena dapat memicu timbulnya jerawat. Produk-produk tersebut dapat menyumbat pori-pori. Selain itu, cuci rambut dengan teratur dan hindari penggunaan produk rambut yang banyak mengandung minyak.

Memencet jerawat
Mencoba menghilangkan jerawat dengan cara memencet jerawat, justru dapat menyebabkan masalah baru pada kulit. Sebab saat jerawat dipencet dan ditekan, sumbatan pada pori-pori kulit dapat masuk lebih dalam. Ini membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama dan dapat meninggalkan bekas jerawat.
Untuk mengatasi jerawat, gunakan obat khusus jerawat. Hindari menyentuh jerawat, apalagi dengan tangan yang kotor, sebab minyak dan kotoran dari tangan dapat menyumbat pori-pori dan memperparah jerawat.

Menggunakan telepon seluler (ponsel) yang kotor
Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka kotoran beserta bakteri yang sudah berkembang biak dapat kembali ke wajah. Jangan malas membersihkan layar ponsel dan disarankan menggunakan ear phone saat menelepon untuk menghindari jerawat muncul.

Menggunakan make-up berlebihan
Hindari penggunaan make-up secara berlebihan. Gunakan obat jerawat sebelum menggunakan make-up, kemudian bersihkan menjelang tidur. Untuk kulit berjerawat, pilih make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Ada pula jenis make-up yang bisa kamu gunakan untuk membantu menyembunyikan jerawat.

Kurang telaten mengobati jerawat
Proses penyembuhan jerawat membutuhkan waktu beberapa minggu. Jerawat tidak dapat segera menghilang hanya dalam satu hari. Jika obat bebas untuk jerawat tidak dapat mengatasi masalah kulit berjerawat dalam waktu 2-4 minggu, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Menghindari Timbulnya Jerawat

Menghilangkan Bekas Jerawat – Bagi remaja dan anak yang baru beranjak dewasa alias masa puber, jerawat menjadi suatu momok yang menakutkan, terlebih bagi seorang cewek yang dituntut untuk selalu memperhatikan penampilan.

Berikut ini adalah hal-hal yang sebaiknya anda lakukan untuk menghindari timbulnya jerawat .

  • Hindari pemakaian kosmetika rias saat tidur.
  • Membersihkan wajah pada sore hari berbeda dengan pada pagi hari.
  • Kulit wajah harus selalu bersih saat istirahat di rumah.
  • Kebutuhan pembersih bagi kulit kering berbeda dengan kulit berminyak atau kulit normal, demikian juga sebaliknya.

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami

Bagi anda yang ingin mengatasi jerawat yang muncul di wajah dengan aman. Berikut cara mengatasi jerawat secara alami:

  1. Ambil 2-3 helai daun pepaya yang sudah tua dan jemur.
  2. Lumatkan daun pepaya tersebut dan diberi air kemudian diperas untuk diambil sarinya.
  3. Oleskan sari daun pepaya tersebut pada jerawat.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jika jerawat sudah tidak ada lagi tetapi masih ada bekasnya yang nampak terlihat diwajah. Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa anda coba:

1. Ambil sedikit asam jawa ditambah dengan beberapa kunyit. Kunyit di tumbuk, campurkan dengan asam jawa dan sedikit air. Setelah rata, oleskan sebagai masker ke muka. Biarkan selama 20 menit. setelah itu cuci bersih.

2. Campurkan air jeruk nipis (lebih bagus yang lokal) dengan 1 sendok minyak masak. Oleskan ke seluruh muka sebelum tidur. Paginya, ambil asam gelugur (asam jawa juga boleh) dan rendam dalam air panas.

Setelah air menjadi hangat (suam2 kuku). Basuhlah air tersebut ke muka kita, asamnya di gosok-gosokkan ke tempat2 yang berjerawat or yang berparut. Beberapa menit kemudian, basuh dengan air biasa.Selamat Mencoba.

Related Post