Pengertian Hotel

Posted on

pengertian dan definisi hotelSebelum membahas tentang pengertian hotel, ada baiknya kita ulas dulu sedikit mengenai sejarahnya terlebih dahulu. Sejarah hotel modern dimulai pada abad ke-18 di Eropa dan Amerika. kata hotel sendiri berasal dari bahasa Perancis kuno yaitu Hostel. Hotel pertama bernama Hotel Convent Garden didirikan tahun 1774 dengan memiliki fasilitas yang sangat lengkap di zamannya dengan jumlah kamar yang banyak. Kemudian muncul city hotel 20 tahun kemudian di New York dengan kapasitas 170 kamar . Memasuki abad ke-19, industri perhotelan berkembang dengan pesat hal ini terlihat dengan banyaknya hotel-hotel modern bermunculan di kota-kota besar di dunia, seperti London, Paris, Boston, San Francisco, dan kota-kota lainnya.

Pada awalnya Hotel sebagai tempat penampungan buat pendatang yang mana mulanya hotel memang diciptakan untuk meladeni masyarakat atau untuk tujuan sosial. Namun seiring perkembangan zaman bangunan publik ini pun mulai meninggalkan misi sosialnya dan para tamupun mulai dipungut biaya.

Pengertian Hotel

Pengertian hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987 yaitu Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.

Menurut Keputusan Menteri SK 241/H/70 Thn/1970, hotel adalah perusahaan yang memberikan layanan jasa dalam bentuk penginapan atau akomodasi serta menyediakan hidangan dan fasilitas lainnya untuk umum yang memenuhi syarat-syarat comfort, privacy dan bertujuan komersional.

Sementara itu pengertian hotel menurut para ahli yaitu :

1.  Menurut Menteri Perhubungan, hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial, disediakan bagi setiap orang untuk memperoleh pelayanan penginapan berikut makan dan minum.
2.  Menurut Webster, hotel adalah suatu bangunan atau lembaga yang menyediakan kamar untuk menginap, makanan, dan minuman, serta pelayanan lainnya untuk umum.
3. Menurut Prof K. Kraft, hotel adalah sebuah bangunan yang menyediakan makanan dan pelayanan yang bersangkutan mengadakan perjalanan.
4. Menurut American Hotel and Association, hotel adalah suatu tempat di mana disediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lainnya, untuk disewakan bagi orang-orang yang tinggal untuk sementara waktu.

Berdasarkan pengertian hotel diatas maka dapat disimpulkan bahwa Hotel adalah perusahaan atau badan usaha akomodasi yang menyediakan pelayanan jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman serta fasilitas jasa lainnya dimana semua pelayanan itu diperuntukkan bagi masyarakat umum, baik mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu. Hotel sendiri memiliki beberapa karakteristik dan klasifikasi yang di tentukan berdasarkan SK Menparpostel RI No. PM/PW 301?PHB-77. untuk info lebih lengkap bisa anda baca di www.jenishotel.info

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian hotel semoga dapat membantu dan bermanfaat buat kita semua. terima kasih sudah berkunjung dan simak terus artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *